Solusi Pengukuran Digital

Cara Mengukur Kadar Air Beserta Manfaatnya

Cara Mengukur Kadar Air Beserta Manfaatnya

 Cara Mengukur Kadar Air Serta Manfaatnya
Apa itu Kadar Air ?  Kadar air atau yang biasa disebut dengan tingkat kekeringan kandungan air ( Moisture Content ) yang terkandung didalam sebuah bahan/material baik itu yang berupa biji bijian seperti kopi, kakao / cokelat, padi / gabah, jagung, beras, kedelai, atau bahan material yang berbentuk benda padat seperti kayu, tanah, dinding, beton serta bahan bahan lain sejenisnya. 

Pengetesan kadar air ada 3 metode  pengukuran kadar air yang masih banyak digunakan metode tersebut adalah :

Metode Oven / Dipanaskan ( Heating )

Metode Oven untuk alatnya biasa disebut Halogen Moisture Analyzer. Metode pengukuran ini merupakan metode pengukuran kadar air yang paling akurat.
Mengapa Demikian ?? 
Karena pada pengukuran kadar air menggunakan metode ini, sampel yang akan dites nilai kadar airnya dipanaskan terlebih dahulu dengan menggunakan alat pengukur kadar air infrared pada suhu serta  lamanya waktu pemanasan yang sudah ditentukan.
Namun sebelum dipanaskan berat sampel harus diukur lebih dahulu dengan fitur timbangan digital yang telah terintegrasi pada alat tersebut, setelah proses pemanasan selesai, berat sampel yang telah dipanaskan akan diukur kembali, dari selisih berat pada waktu sebelum dipanaskan dan setelah dipanaskan dapat diketahui nilai kadar airnya. Dari situlah tingkat keakurasian pada alat ini disebut paling akurat.

Metode Gaya Tolak Elektris

Metode pengukuran ini paling sering dilapangan. Mengapa demikian ?? Karena alat ini mempunyai metode tusuk dengan ciri khas padaa alat ini yang mempunyai probe 2 buah tusukan menyerupai yang runcing memanjang seperti garpu tala atau jarum logam  yang diintegrasikan langsung dengan alat ini maupun menggunakan probe eksternal.
Contoh alat pengukur kadar air metode tusuk
Selain di aplikasikan kedalam metode tusuk metode ini juga diaplikasikan pada alat pengukur kadar air model tuang dengan tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan yang model tusuk.
seperti ini alatnya

Pengukuran kadar air juga dapat dilakukan dengan metode metode lainnya tergantung jenis dan sifat bahan yang akan diukur kadar airnya. Untuk bahan dengan kadar gula tinggi, kadar airnya dapat diukur dengan menggunakan refraktometer disamping menentukan padatan terlarutnya pula. Dalam hal ini, air dan gula dianggap sebagai komponen-komponen yang mempengaruhi indeks refraksi.

Metode Inductive (Model Tempel)

Metode pengukuran ini biasanya diterapkan pada pengukuran kadar air benda padat seperti kayu, dinding, kuit binatang, lantai, kertas tembok dan lain sebagainya, alat penguji kadar air dengan metode ini juga banyak dikenal dengan alat pengukur kadar air model tempel.

Fungsi Utama Alat Ukur Kadar Air
  • Menentukan kadar air dalam kayu, tembakau, kertas, kapas atau yang lainnya secara akurat dan cepat,
  • Untuk memastikan kadar air yang sama seperti yang diinginkan pasar produksi & tingkat kekeringannya.
  • Untuk menghemat waktu & biaya di pengeringan.
  • Untuk mencegah penurunan & kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban di penyimpanan & dalam perdagangan.
  • Untuk menentukan harga oleh kualitas dan kuantitas sesuai dengan kadar air dalam perdagangan.
  • Untuk meningkatkan kenyamanan & efisiensi pada pengolahan.

Manfaat pengukuran kadar air.

Pengukuran kadar air memiliki manfaat yang besar dan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam hal peningkatan kualitas. Inilah beberapa manfaat yang kita dapatkan apabila telah melakukan pengukuran kadar air secara tepat.
  • Mengetahui Kadar Air pada suatu sampel, bahan atau material secara akurat
  • Dengan Mengetahui kadar air pada biji bijian kita dapat menghindari pembusukan selama penyimpanan maupun selama pengiriman yang disebabkan oleh jamur dan bakteri yang hidup pada lingkungan yang lembab. misalnya bada biji bijian seperti jagung, beras, kakao, kopi dan berbagai macam biji bijian lainya
  • Pada kayu, tingkat kadar air yang sesuai pada kayu dapat menjaga kualitas bangunan dan akan lebih bertahan lama. Kandungan air pada kayu sebelum diproses yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan cepatnya pelapukan pada kayu baik secara alami maupun oleh rayap.
  • Pada Bangunan, kadar air yang terlalu tinggi pada dinding atau tembok maupun material akan mengurangi kekuatan dan ketahanan bangunan, dengan mengukur kadar air yang tepat kita dapat memastikan kekokohan bangunan yang kita tempati atau yang kita bangun.
Itulah Cara Mengukur Kadar Air Beserta Manfaatnya, jika anda tertarik maupung ingin tau produk-produk pengukur kadar air bisa dilihat disini.
Admin

I'm just a beginner blogger who tried to learn things related to coding which always appears in front of the eye


EmoticonEmoticon