Solusi Pengukuran Digital

Lahan yang baik untuk budidaya kopi

Lahan yang baik untuk budidaya kopi

Pohon kopi dapat dibudidayakan dan menghasilkan biji kopi yang berkualitas namun dalam pembudidayaannya perlu dilakukan persiapan lahan dan pohon peneduh. Biji kopi yang berkualitas akan menghasilkan produk serbuk kopi bubuk yang berkualitas.

Jika anda berpikir budidaya kopi hanya bisa dilakukan di dataran tinggi anda salah karena pohon kopi dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataram rendah asalkan syarat-syaratnya terpenuhi.

Syarat tanah yang baik untuk pohon kopi

Agar kopi dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Pohon kopi akan tumbuh dengan baik pada tanah gembur yang kaya bahan organik. Apabila tanah yang akan ditanami pohon kopi belum subur anda bisa menambah kesuburan tanah / lahan yang akan ditanami berikan pupuk organik dan penyubur tanah di sekitar area tanaman. Pohon kopi Arabika akan tumbuh baik pada keasaman tanah 5-6,5 pH, sedangkan kopi robusta pada tingkat keasaman 4,5-6,5 pH.

Untuk mengukur keasaman tanah maupun ph tanah dibutuhkan alat pengukur ph tanah atau yang biasa disebut ph tester. Anda bisa membelinya di toko alat pengukur ph

Untuk menaikan ataupun menurunkan ph tanah secara detail dibahas di sini

Setelah unsur ph tanah terpenuhi hal yang harus dipersiapkan untuk memulai budidaya kopi adalah menanam pohon peneduh. Pohon peneduh ini berguna untuk mengatur intensitas cahaya matahari yang masuk. Tanaman kopi termasuk tumbuhan yang menghendaki intensitas cahaya mataheri tidak penuh. Disinilah fungsi dari pohon kanopi atau pohon peneduh.

Untuk pohon peneduhnya sendiri ada beberapa contoh yang sering digunakan dalam budidaya kopi adalah dadap, lamtoro dan sengon. Pilih pohon pelindung yang tidak membutuhkan banyak perawatan dan daunnya bisa menjadi sumber pupuk hijau.

Dilansir dari alamtani.com untuk pohon pelindung jenis sengon harus ditanam 4 tahun sebelum budidaya kopi. Sedangkan jenis lamtoro bisa lebih cepat, sekitar 2 tahun sebelumnya. Tindakan yang diperlukan untuk merawat pohon pelindung adalah pemangkasan daun dan penjarangan.

Nah itulah syarat lahan atau tanah yang baik untuk pohon kopi atau tanaman kopi yang bisa anda jadikan referensi sebelum budidaya kopi.
Admin

I'm just a beginner blogger who tried to learn things related to coding which always appears in front of the eye


EmoticonEmoticon